Di Periode Zola Hasil Panen Padi Tembus 7,04 Ton Per Hektar

GMPZo Jambi , MUARASABAK-Kelompok Tani, Tani Jaya Dusun Indah RT 3 Desa Kuala Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur tampak sumringah. Pasalnya, lahan usaha tani yang mereka kelola selama ini telah‎ mencapai hasil yang menggembirakan
Panen Ubinan Padi varietas impara 3 di lokasi denfarm Desa Kuala Lagan yang didanai melalui dana dekontrasi 2014. Dari hasil panen ubinan yang dilakukan diareal tanam 1,5 hektar dengan itu diketahui bahwa hasil panen petani mencapai 7,04 ton per hektar. “Ini merupakan hasil panen tertinggi pada tahun ini,” ujar Kepala BP4K Kabupaten Tanjabtim, H. Badrud Tamam,SP melalui Kasubbid perencanaan Saukani, S.PKP.
Menurut Saukani, tingginya hasil panen di lahan seluas 25 hektar itu, selain karena pengelolaan yang serius dari kelompok tani, juga didukung oleh kesuburan tanah serta peran penyuluh yang intens melakukan pembinaan ke lapangan.
Dijelaskannya, dalam pengelolaannya petani menggunakan pola tanam jajar legowo 1 : 4 dengan menggunakan pupuk urea 150 kilogram, NPK 450 kilogram, kemudian pupuk organisk 3 ton, dan pestisida 2 kilogram dalam satu hektar areal tanam.
Selain di lokasi denfarm,  juga dilakukan panen ubinan di lokasi Kelompok tani Sinar Maju RT 12 Dusun Jaya Indah dengan produksi 5,75 ton per hektar dan 6 ton per hektar. “Kita berharap dengan capaian ini para petani semakin termotivasi dan sungguh-sungguh dalam upaya mewujudkan Kabupaten Tanjabtim menjadi lumbung pangan Provinsi Jambi,” harap Saukani
Selain itu Saukani juga mengharapkan agar masyarakat tidak melakukan alih fungsi lahan dari tanaman padi menjadi sawit. “Sesuai komitmen pak Bupati, kalau petani serius dan sungguh-sungguh maka Pemkab akan memberikan support penuh dalam upaya meningkatkan produksi hasil pertanian khususnya padi, jagung dan kedele,” paparnya.
Sementara itu, Kepala BP3K Kecamatan Dendang, Sujarwo,SP mengucapkan terima kasih atas keseriusan Pemkab dan kesungguhan petani. “Alhamdulillah, kita sangat senang dengan hasil panen ini. Dalam hal ini kita akan menginventarisir jumlah lahan yang akan ditanami padi. Kalau bisa kita akan lakukan pola tanam dua kali setahun,” katanya. (*)


Share on Google Plus

About Gmp Zo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

APA ITU GMPZo

ZUMI ZOLA & FACHRORI UMAR

KETUA UMUM

RUDI ARDIANSYAH,SH

Gallery

Sponsor